Aksi Nyata Topik 3

1.      Mulai dari diri : Apa yang anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Hal yang saya fikirkan sebelum proses pembelajaran pada topik ini yaitu bagaimana faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik dapat membantu guru dalam memahami peserta didik, melakukan berbagai pendekatan dan memotivasi dalam proses belajarnya.

2.      Eksplorasi Konsep : Apa yang anda pelajari dari konsep yang anda pelajari dalam topik ini?

Yang saya pelajari dalam topik ini mengenai bagaimana penerapan teori etnografi dan perbedaan kelas dalam pembelajaran. Dalam satu kelas tentunya peserta didik mempunyai latar belakang etnik dan kelas ekonomi yang beragam, oleh karena itu dalam teori yang dijelaskan dalm Eksplorasi Konsep bahwa pembelajaran harus bisa mengakomodasikan perbedaan-perbedaan tersebut. Dalam artian pembelajaran dapat menyesuaikan aspek-aspek sosiokultural peserta didik.

3.      Ruang Kolaborasi : Apa yang anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan anda dalam ruang kolaborasi ?

Dalam ruang kolaborasi bersama dengan anggota kelompok, saya mempelajari bagaimana pandangan-pandangan kami tentang perspektif sosiokultural dalam pembelajaran, bagaimana pandangan kami mengenai penerapan pembelajaran berbasis perspektif sosiokultural.

4.      Demonstrasi Konstektual : Apa hal penting yang anda pelajari dari proses demonstrasi konstektual yang anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan dan diri sendiri)?

Hal penting yang dapat saya pelajari yaitu faktor sosial ekonomi budaya dan politik mempengaruhi proses pembelajaran. diperlukan kesiapan baik dari mental fisik dan keterampilan untuk terjun ke dunia pendidikan yang di dalamnya terdapat peserta didik dengan latar belakang yang berbeda-beda.

5.      Elaborasi Pemahaman :

a)      Sejauh ini, apa yang sudah anda pahami tentang topik ini?

b)      Apa hal baru yang anda pahami atau yang berubah dair pemahamn di awal sebelum pembelajaran dimulai?

c)      Apa yang ingin anda pelajari lebih lanjut?

a. saya memahami apa itu konsep pendidikan dan pembelajaran berdasarkan perspektif sosiokultural, di mana dalam penerapannya seorang guru memperhatikan aspek ZPD siswa yang dipengaruhi oleh faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang dimilikinya berdasarkan pengalaman hidupnya, mulai dari keluarga, taman kanak-kanak, teman sebaya, sekolah dasar, hingga tingkat menengah. lingkungan dan interaksi sosial yang siswa dapatkan dalam hidupnya turut berkontribusi dalam menumbuhkan kesadaran dan pembentukan karakternya sebagai seorang individu yang memiliki peran dalam lingkungan sosial itu sendiri.

b. perubahan sudut pandang saya, yakni awalnya saya mengira bahwa individulah yang membentuk lingkungan sosial, namun setelah mempelajari teori kelas oleh Vygotsky saya menyadari bahwa lingkungan sosial lah yang membentuk karakteristik seseorang.

c. saya ingin mempelajari bagaimana lingkungan sosial mempengaruhi setiap tahap perkembangan individu, baik dari sikap, kognitif, hingga keterampilan yang dimiliki.

6.      Koneksi Antar Materi : Apa yang anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Mata kuliah ini memiliki kaitan yang erat dengan mata kuliah lainnya seperti perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang menjadi acuan dalam mengembangkan panduan observasi pada mata kuliah pemahaman peserta didik, serta bagaimana merancang pembelajaran dan asesmen yang efektif sesuai dengan karakteristik peserta didik pada mata kuliah prinsip pengajaran asesmen yang efektif

7.      Aksi Nyata : 

a)      Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan anda sebagai guru?

b)      Bagaimana anda menilai kesiapan anda saat ini, dalam skala 1-10? apa alasannya?

c)      Apa yang perlu anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

a. Materi pada topik ini sangat bermanfaat, terlebih dengan adanya hasil penelitian yang disajikan membuat saya semakin gamblang dalam memahami bagaimana penerapan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik pada pendidikan maupun pembelajaran di kelas. 

b. Nilai untuk diri saya: 8 karena untuk dapat mengerjakan setiap tahap dalam topik memerlukan pemahaman yang cukup dalam, sehingga saya harus membaca lagi materi yang disajikan. Akhirnya saya pun memiliki pemahaman abstrak tentang materi ini yang memudahkan saya dalam merencankan perancangan pembelajaran di kelas.

c. Hal yant perlu saya pelajari adalah berbagai strategi, metode, teknik dan media yang bervariasi, kemampuan berkomunikasi dengan peserta didik, rekan sejawat maupun orang tua

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Narsi Kelas 4 Judul: Gotong Royong di Suku Tengger