Aksi Nyata Topik 3
1. Mulai dari diri : Apa
yang anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Hal yang saya fikirkan sebelum proses pembelajaran pada
topik ini yaitu bagaimana faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik dapat
membantu guru dalam memahami peserta didik, melakukan berbagai pendekatan dan
memotivasi dalam proses belajarnya.
2. Eksplorasi Konsep : Apa
yang anda pelajari dari konsep yang anda pelajari dalam topik ini?
Yang saya pelajari dalam topik ini mengenai bagaimana
penerapan teori etnografi dan perbedaan kelas dalam pembelajaran. Dalam satu
kelas tentunya peserta didik mempunyai latar belakang etnik dan kelas ekonomi
yang beragam, oleh karena itu dalam teori yang dijelaskan dalm Eksplorasi
Konsep bahwa pembelajaran harus bisa mengakomodasikan perbedaan-perbedaan
tersebut. Dalam artian pembelajaran dapat menyesuaikan aspek-aspek sosiokultural
peserta didik.
3. Ruang Kolaborasi : Apa
yang anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan anda dalam ruang
kolaborasi ?
Dalam ruang kolaborasi bersama dengan anggota kelompok,
saya mempelajari bagaimana pandangan-pandangan kami tentang perspektif
sosiokultural dalam pembelajaran, bagaimana pandangan kami mengenai penerapan
pembelajaran berbasis perspektif sosiokultural.
4. Demonstrasi Konstektual
: Apa hal penting yang anda pelajari dari proses demonstrasi konstektual yang
anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan dan diri sendiri)?
Hal penting yang dapat saya pelajari yaitu faktor sosial
ekonomi budaya dan politik mempengaruhi proses pembelajaran. diperlukan
kesiapan baik dari mental fisik dan keterampilan untuk terjun ke dunia pendidikan
yang di dalamnya terdapat peserta didik dengan latar belakang yang
berbeda-beda.
5. Elaborasi Pemahaman :
a) Sejauh ini, apa yang
sudah anda pahami tentang topik ini?
b) Apa hal baru yang anda
pahami atau yang berubah dair pemahamn di awal sebelum pembelajaran dimulai?
c) Apa yang ingin anda
pelajari lebih lanjut?
a. saya memahami apa itu konsep pendidikan dan
pembelajaran berdasarkan perspektif sosiokultural, di mana dalam penerapannya
seorang guru memperhatikan aspek ZPD siswa yang dipengaruhi oleh faktor sosial,
budaya, ekonomi, dan politik yang dimilikinya berdasarkan pengalaman hidupnya,
mulai dari keluarga, taman kanak-kanak, teman sebaya, sekolah dasar, hingga
tingkat menengah. lingkungan dan interaksi sosial yang siswa dapatkan dalam
hidupnya turut berkontribusi dalam menumbuhkan kesadaran dan pembentukan
karakternya sebagai seorang individu yang memiliki peran dalam lingkungan
sosial itu sendiri.
b. perubahan sudut pandang saya, yakni awalnya saya
mengira bahwa individulah yang membentuk lingkungan sosial, namun setelah
mempelajari teori kelas oleh Vygotsky saya menyadari bahwa lingkungan sosial
lah yang membentuk karakteristik seseorang.
c. saya ingin mempelajari bagaimana lingkungan sosial
mempengaruhi setiap tahap perkembangan individu, baik dari sikap, kognitif,
hingga keterampilan yang dimiliki.
6. Koneksi Antar Materi :
Apa yang anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang
sama maupun dengan mata kuliah lain?
Mata kuliah ini memiliki kaitan yang erat dengan mata
kuliah lainnya seperti perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang
menjadi acuan dalam mengembangkan panduan observasi pada mata kuliah pemahaman
peserta didik, serta bagaimana merancang pembelajaran dan asesmen yang efektif
sesuai dengan karakteristik peserta didik pada mata kuliah prinsip pengajaran
asesmen yang efektif
7. Aksi Nyata :
a) Apa manfaat pembelajaran
ini untuk kesiapan anda sebagai guru?
b) Bagaimana anda menilai
kesiapan anda saat ini, dalam skala 1-10? apa alasannya?
c) Apa yang perlu anda
persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
a. Materi pada topik ini sangat bermanfaat, terlebih dengan
adanya hasil penelitian yang disajikan membuat saya semakin gamblang dalam
memahami bagaimana penerapan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik
pada pendidikan maupun pembelajaran di kelas.
b. Nilai untuk diri saya: 8 karena untuk dapat mengerjakan setiap tahap dalam topik
memerlukan pemahaman yang cukup dalam, sehingga saya harus membaca lagi materi yang disajikan. Akhirnya saya pun memiliki pemahaman abstrak tentang materi
ini yang memudahkan saya dalam merencankan perancangan pembelajaran di kelas.
c. Hal yant perlu saya pelajari adalah berbagai strategi,
metode, teknik dan media yang bervariasi, kemampuan berkomunikasi dengan
peserta didik, rekan sejawat maupun orang tua
Komentar
Posting Komentar