Aksi Nyata Topik 2 Perspektif Sosiokultural 

Kistidiavi Sofarini Syahidah

 

Alur pembelajaran

Pertanyaan Refleksi

1

Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? 

Jawaban :

Pemikiran saya ialah terkait perbedaan latar belakang social, budaya, politik dan ekonomi pada masing masing anak yang berbeda beda dapat memengaruhi proses pembelajaran peserta didik. Adanya sosiokulturalekonomi (SES) yaitu sebagai factor ekonomi yang berpengaruh pada proses pembelajaran,yaitu sebagai contoh masyarakat dengan kondisi ekonomi mengenah ke atas lebih mudah mengakses pendidikan dengan lebih mudah seperti melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi dan pemenuhan fasilitas belajar anak yang baik. 

2

Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Jawaban :

Saya mempelajari bahwa seorang guru atau pendidik dengan segala keberagaman peserta didiknya khususnya factor ekonomi. Seorang guru harus dapat memberikan proses Pendidikan yang merata dan adil kepada seluruh peserta didiknya tanpa membeda bedakan factor ekonominya. Kemudian seorang guru tetap harus memberikan upaya terbaik untuk memenuhi fasilitas peserta didik di sekolah untuk seluruh peserta didik.  

3

Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi? 

Jawaban :

Saya mempelajari bahwa latar belakang peserta didik khususnya terkait factor social, politik, ekonomi dan budaya sangat mempengaruhi proses pembelajaran. Sehingga dengan menyesuaikan strategi atau metode belajar dengan kondisi latar belakang peserta didik dapat membantu berlangsungnya proses pembelajaran.Seperti pada penugasan kelompok melalui tugas analisis buku “belajar berdemokrasi” bahwa proses pembelajaran harus menyesuiakn dengan kebutuhan dan kehidupan lingkungan peserta didik. Sehingga proses pembelajaran dapat langsung di implementasikan peserta didik dalam kehidupannya dengan membutuhkan dukungan dari seorang pendidik dalam menuntun peserta didik pada penerapannya. Sehingga proses pembelajaran memiliki makna dan manfaat secara langsung.

4

Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Jawaban :

Saya mempelajari dan mendapatkan banyak ilmu dalam proses diskusi dengan rekan rekan, dimana kami saling bertukar pikiran dan bekerja sama dalam mengerjakan tugas menganalisis vidio. Bawasanya hal tersebut juga terkait dengan materi tentang sosiokultural atau perbedaan latar belakang baik social, budaya, ekonomi dan politik antara saya dengan rekan rekan. Sehingga dalam proses diskusi pun saya juga belajar untuk menempatkan diri saya dan menerima berbagai pendapat dan upaya dari rekan rekan dalam memecahkan masalah Bersama. Sehingga tugas kami dapat terselesaikan dengan baik tanpa ada kendala.

5

Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? 

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?  

Jawaban :

Saya memahami topik ini mulai dari masyarakat heterogeny dimana terdapat banyak perbedaan pada tiap tiap individu baik dari latar belakang factor budaya, social, ekonomi dan politik. Yang kemudian oleh karena itu saya banyak mempelajari terkait potensi diri pada masing masingnpeserta didik yang harus di kembangkan, dimana sebagai guru harus berpihak kepada peserta didik dan mampu menjadi mediator dalam proses pembelajaran peserta didik.

Hal baru yang saya pahami ialah pentingnya seorang pendidik yang berpihak kepada peserta didik dalam proses pendidikan. Untuk menciptakan proses pembelajaran yang adil, kreatif, inovati dan interaktif.

Saya ingin lebih lanjut mempelajari terkait cara cara guru dalam menemukan dan mengembangkan potensi dalam masing masing peserta didik sesuai dengan karakteristiknya yang beragam.

6

Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain? 

Jawaban :

Saya mempelajari banyak hal khususnya antara materi mata kuliah ini dengan mata kuliah lain sebenrnya saling berhubungan. Mata kuliah perspektif sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia ini berkaitan dengan mata kuliah lain seperti filosofi Pendidikan Indonesia dimana dalam filosofi Pendidikan Indonesia, Indonesia adalah negara yang heterogen dan berkeinginan untuk memerdekakan belajar pada masing masing rakyat Indonesia. Mata kuliah ini saling berkaitan mengenai kemerdekaan belajar dipengaruhi juga oleh factor ekonomi dan politik.  Upaya dan startegi pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik tersebut berkaitan dengan mata kuliah pemahaman tentang peserta didik dan pembelajarannya serta mata kuliah prinsip pengajaran dan asessmen. Yang kemudian di dukung dengan mata kuliah literasi dalam lintas peljaran untuk meningkatkan potensi belajar peserta didik dalam memajukan Pendidikan dan Bangsa Indonesia.

7

Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? 

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal? 

Jawaban :

Manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan saya sebagai guru ialah saya mempelajari terkait upaya dan strategi pembelajaran yang harus disesuaikan untuk tiap tiap peserta didik dengan segala perbedaan baik aspek social, budaya, eknomi dan politik untuk membantu meningkatkan potensi masing masing anak dalam proses belajarnya.

Saya menilai diri saya pada skor 1-10 pada angka 8 karena ini adalah pembelajaran awal yang saya pelajari sehingga poin tersebut saya berikan karena saya masih membutuhkan banyak ilmu lagi untuk menjadi guru professional.

Saya menyiapkan terkait proses Pendidikan saya saat ini untuk berusaha berproses menjadi guru yang professional agar saat saya kelak menjadi seorang guru saya dapat menjadi guru yang Amanah dalam mendidik anak anak didik saya.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Narsi Kelas 4 Judul: Gotong Royong di Suku Tengger