Aksi Nyata Topik 4 oleh Kistidiavi Sofarini Syahidah
1. Mulai
dari diri : Apa yang anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses
pembelajaran?
Saya berpikir mengenai topik
yakni mengenai ZPD yang merupakan sebuah kerangka pikir pembelajaran untuk
melihat zona, potensi dan keadaan peserta didik untuk menentukan model,
methode, strategi dan media pembelajaran yang tepat untuk peserta didik dalam mengembangkan
kemampuan dan pengetahuannya.
2. Eksplorasi
Konsep : Apa yang anda pelajari dari konsep yang anda pelajari dalam topik ini?
Yang saya pelajari dalam topik
ini mengenai konsep ZPD secara ringkas ialah jarak antara tingkat perkembangan
sesungguhnya yang didefinskan sebagai kemmapuan pemecahan masalah secara
mandiri dan tingkat perkembangan potensional yang didefiniskan sebagai kemampuan
pemecahana masalah dibawah bimbingan orang dewasa atau dengan teman sejawat
yang lebih mampu. Dapat disimpulkan ZPD adalah pembelajaran yang melibatkan
seseorang yang kemampuan dan pengetahuannya lebih dalam sutau topik atau dalam
pemecahan masalah.
3. Ruang
Kolaborasi : Apa yang anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan
anda dalam ruang kolaborasi ?
Dalam ruang kolaborasi bersama
dengan anggota kelompok, saya mempelajari bagaimana pandangan-pandangan kami
tentang konsep ZPD. teori ZPD yang dikemukakan oleh Lev Vygotsky, yang
menyatakan bahwa pembelajaran terjadi ketika peserta didik berinteraksi dengan
orang yang lebih berpengetahuan atau lebih kompeten dalam suatu bidang, seperti
guru, orang tua, atau teman sebaya. Selain itu, kami juga setuju dengan
penggunaan scaffolding atau dukungan yang diberikan oleh orang yang lebih
berpengetahuan untuk membantu peserta didik dalam proses pembelajaran.
4. Demonstrasi
Konstektual : Apa hal penting yang anda pelajari dari proses demonstrasi
konstektual yang anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan dan
diri sendiri)?
Hal penting yang dapat saya
pelajari yaitu proses dikusi terkait pandangan pandangan masing masing kelompok
terkait konsep ZPD. Dalam diskusi antar kelompok kami memadukan hasil analisis
konsep ZPD dan menyimpulkan bersama terkait konsep ZPD pembelajaran.
5. Elaborasi
Pemahaman :
a) Sejauh
ini, apa yang sudah anda pahami tentang topik ini?
b) Apa
hal baru yang anda pahami atau yang berubah dair pemahamn di awal sebelum
pembelajaran dimulai?
c) Apa
yang ingin anda pelajari lebih lanjut?
a.
saya memahami apa itu konsep ZPD yaitu bagaimana
topik bahasan ini memberikan gambaran kepada saya, Sebagai calon pendidik harus
bisa membimbing peserta didik untuk dapat memahami tentang bagaimana membuat
konsep pembelajaran yang melibatkan perspektif sosiokultural dengan penerapan
ZPD “Zone of Proximal Development” dalam proses pembelajaran.
b.
perubahan pemahaman saya terkait ZPD yaitu
adanya miskonsepsi dimana zona yang saya piker ialah zona daerah atau
lingkungan dan tempat tinggal. Pemahan baru saya terkait ZPD ternyata zona yang
dimaksud ialah zona pengetahuan dan kemampuan masing masing peserta didik dalam
pembelajaran.
c.
saya ingin mempelajari lebih lanjut ialah
terkait implementasi pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan konsep ZPD dalam
proses pembelajaran.
6. Koneksi
Antar Materi : Apa yang anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam
mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?
Mata kuliah ini memiliki kaitan yang erat
dengan mata kuliah lainnya seperti
Pemahaman peserta didik dan
pembelajarannya dan prinsip pengajaran dan asessmen. Dengan mempelajari karakteristik dan tingkatan perkembangan yang
dimiliki oleh peserta didik, Guru dapat memahami teori-teori belajar, serta
dapat menentukan startegi pembelajaran dan perencanaan asessmen yang sesuai
dengan ZPD Peserta didik dengan Scaffolding. Yang akan membantu guru
meningkatkan kualitas pembelajaran dan membantu perkembangan kemandirian
belajar peserta didik
7. Aksi
Nyata :
a) Apa
manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan anda sebagai guru?
b) Bagaimana
anda menilai kesiapan anda saat ini, dalam skala 1-10? apa alasannya?
c) Apa
yang perlu anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan
optimal?
a. materi pada topik ini sangat bermanfaat Ketika
nantinya saya menjadi seorang guru dalam menerapkan ZPD pada proses
pembelajaran dimana saya sebagai guru memiliki pengetahuan untuk mengetahui
tingkat capaian pengetahuan pada masing masing peserta didik. Sehingga dalam
penerapan ZPD saya memahami batasan bantuan saya sebagai guru atau teman sebaya
yang lebih mampu dalam pembelajaran hingga pada sampai peserta tersebut sudah
mampu memehami atau menyelesaikan masalhnya sendiri. Bahwa dengan ini saya
memahami bahwa saya sebagai guru nanti tidak bisa menymaratakan pengetahuan,
pemahaman dan kemampuan masing masing peserta didik.
b. Nilai untuk diri saya: 9. sebab untuk dapat
mengerjakan setiap tahap dalam topik memerlukan pemahaman yang cukup dalam,
sehingga saya hartus berulangkali membaca materi yang disajikan. Akhirnya saya
pun memiliki pemahaman abstrak tentang materi ini yang memudahkan saya dalam
merencankan perancangan pembelajaran di kelas.
c. hal yan perlu saya pelajari adalah berbagai
strategi, metode, teknik dan media yang bervariasi dalam konsep ZPD, kemampuan
berkomunikasi dengan peserta didik, rekan sejawat maupun orang tua
Komentar
Posting Komentar