Aksi Nyata Topik 4 oleh Kistidiavi Sofarini Syahidah

1.     Mulai dari diri : Apa yang anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Saya berpikir mengenai topik yakni mengenai ZPD yang merupakan sebuah kerangka pikir pembelajaran untuk melihat zona, potensi dan keadaan peserta didik untuk menentukan model, methode, strategi dan media pembelajaran yang tepat untuk peserta didik dalam mengembangkan kemampuan dan pengetahuannya.

2.     Eksplorasi Konsep : Apa yang anda pelajari dari konsep yang anda pelajari dalam topik ini?

Yang saya pelajari dalam topik ini mengenai konsep ZPD secara ringkas ialah jarak antara tingkat perkembangan sesungguhnya yang didefinskan sebagai kemmapuan pemecahan masalah secara mandiri dan tingkat perkembangan potensional yang didefiniskan sebagai kemampuan pemecahana masalah dibawah bimbingan orang dewasa atau dengan teman sejawat yang lebih mampu. Dapat disimpulkan ZPD adalah pembelajaran yang melibatkan seseorang yang kemampuan dan pengetahuannya lebih dalam sutau topik atau dalam pemecahan masalah.

3.     Ruang Kolaborasi : Apa yang anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan anda dalam ruang kolaborasi ?

Dalam ruang kolaborasi bersama dengan anggota kelompok, saya mempelajari bagaimana pandangan-pandangan kami tentang konsep ZPD. teori ZPD yang dikemukakan oleh Lev Vygotsky, yang menyatakan bahwa pembelajaran terjadi ketika peserta didik berinteraksi dengan orang yang lebih berpengetahuan atau lebih kompeten dalam suatu bidang, seperti guru, orang tua, atau teman sebaya. Selain itu, kami juga setuju dengan penggunaan scaffolding atau dukungan yang diberikan oleh orang yang lebih berpengetahuan untuk membantu peserta didik dalam proses pembelajaran.

4.     Demonstrasi Konstektual : Apa hal penting yang anda pelajari dari proses demonstrasi konstektual yang anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan dan diri sendiri)?

Hal penting yang dapat saya pelajari yaitu proses dikusi terkait pandangan pandangan masing masing kelompok terkait konsep ZPD. Dalam diskusi antar kelompok kami memadukan hasil analisis konsep ZPD dan menyimpulkan bersama terkait konsep ZPD pembelajaran.

5.     Elaborasi Pemahaman : 

a)     Sejauh ini, apa yang sudah anda pahami tentang topik ini?

b)     Apa hal baru yang anda pahami atau yang berubah dair pemahamn di awal sebelum pembelajaran dimulai?

c)     Apa yang ingin anda pelajari lebih lanjut?

a.                saya memahami apa itu konsep ZPD yaitu bagaimana topik bahasan ini memberikan gambaran kepada saya, Sebagai calon pendidik harus bisa membimbing peserta didik untuk dapat memahami tentang bagaimana membuat konsep pembelajaran yang melibatkan perspektif sosiokultural dengan penerapan ZPD “Zone of Proximal Development” dalam proses pembelajaran.

b.                perubahan pemahaman saya terkait ZPD yaitu adanya miskonsepsi dimana zona yang saya piker ialah zona daerah atau lingkungan dan tempat tinggal. Pemahan baru saya terkait ZPD ternyata zona yang dimaksud ialah zona pengetahuan dan kemampuan masing masing peserta didik dalam pembelajaran.

c.                saya ingin mempelajari lebih lanjut ialah terkait implementasi pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan konsep ZPD dalam proses pembelajaran.

6.     Koneksi Antar Materi : Apa yang anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Mata kuliah ini memiliki kaitan yang erat dengan mata kuliah lainnya seperti

Pemahaman peserta didik dan pembelajarannya dan prinsip pengajaran dan asessmen. Dengan mempelajari karakteristik dan tingkatan perkembangan yang dimiliki oleh peserta didik, Guru dapat memahami teori-teori belajar, serta dapat menentukan startegi pembelajaran dan perencanaan asessmen yang sesuai dengan ZPD Peserta didik dengan Scaffolding. Yang akan membantu guru meningkatkan kualitas pembelajaran dan membantu perkembangan kemandirian belajar peserta didik

7.     Aksi Nyata :  

a)     Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan anda sebagai guru?

b)     Bagaimana anda menilai kesiapan anda saat ini, dalam skala 1-10? apa alasannya?

c)     Apa yang perlu anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

a.    materi pada topik ini sangat bermanfaat Ketika nantinya saya menjadi seorang guru dalam menerapkan ZPD pada proses pembelajaran dimana saya sebagai guru memiliki pengetahuan untuk mengetahui tingkat capaian pengetahuan pada masing masing peserta didik. Sehingga dalam penerapan ZPD saya memahami batasan bantuan saya sebagai guru atau teman sebaya yang lebih mampu dalam pembelajaran hingga pada sampai peserta tersebut sudah mampu memehami atau menyelesaikan masalhnya sendiri. Bahwa dengan ini saya memahami bahwa saya sebagai guru nanti tidak bisa menymaratakan pengetahuan, pemahaman dan kemampuan masing masing peserta didik. 

b.   Nilai untuk diri saya: 9. sebab untuk dapat mengerjakan setiap tahap dalam topik memerlukan pemahaman yang cukup dalam, sehingga saya hartus berulangkali membaca materi yang disajikan. Akhirnya saya pun memiliki pemahaman abstrak tentang materi ini yang memudahkan saya dalam merencankan perancangan pembelajaran di kelas.

c.    hal yan perlu saya pelajari adalah berbagai strategi, metode, teknik dan media yang bervariasi dalam konsep ZPD, kemampuan berkomunikasi dengan peserta didik, rekan sejawat maupun orang tua

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Narsi Kelas 4 Judul: Gotong Royong di Suku Tengger